Seperti yang
kita tahu, pada motor Honda Spacy dan Supra X-125 Helm In hanya ada Throttle
Position Sensor (TPS), Engine Coolant Temperature (ECT), Crankshaft Position
(CKP) dan O2. Jadi di bagian mesin tidak terdapat lagi komponen sensor - sensor
lain yang ruwet.
Idle air screw
Terletak di throttle body, bertugas mengatur suplai udara yang dibutuhkan saat putaran stasioner, dengan memutar idle air screw atau baut setelan udara berkepala (+). Terbaru dan inovatif, saluran idle air ini didesain dalam bentuk membelok, sehingga tak mudah dimasuki blow by gas segar bersuhu tinggi dari ruang bakar.
Rekomendasi pabrikan, setingan idle air screw berada di 2 putaran penuh. Kalau sampai tiba-tiba putaran stasioner terlalu rendah, dapat disebabkan idle air screw kurang membuka atau bisa juga disebabkan idle air screw nya mulai ditumpuki kotoran. Untuk memeriksanya pun tak perlu dilakukan pembongkaran, cukup lepas stelan udaranya.
Khusus di varian skutik, Honda menambahkan katup solenoid peninggi putaran stasioner (fast idle solenoid). Letaknya di samping idle screw. Berfungsi untuk memberikan saluran udara tambahan (by pass) dalam throttle body. Untuk menjaga putaran stasioner berada di titik produktif (stand by) kerja CVT, saat mesin dingin. Agar, respon speed tetap ringan.
Kalau perangkat ini tak membutuhkan maintenance, sebab dikemas paten macam perangkat coasting enricher pada karbu.
Filter BBM
Penyaring BBM di dalam tangki, bisa dilakukan proses perawatan setelah menempuh 48 ribu Kilometer atau 4-5 tahun sekali, sesuai dengan anjuran pabrik.
Tapi tak menutup kemungkinan perawatan ini bisa dilakukan lebih awal, berdasar dari jenis BBM yang paling sering dipakai. Serta berdasar dari kondisi tangki setiap hari, sering kosong, sering parkir di bawah terik matahari atau tangki penuh terus ? Sebab, reaksi dalam tangki sering kali menghasilkan uap air.
Sensor O2
Oksigen sensor digunakan untuk mengetahui konsentrasi oksigen pada gas buang. selain itu, untuk mengetahui tekanan oksigen di dalam pipa, sebagai upaya untuk mengetahui ataupun mengontrol lapisan oksida yg terbentuk didalam dinding bagian dalam pipa.
Dan khusus untuk sensor O2, karena berhadapan langsung dengan gas buang yang rawan menimbulkan kotoran dan deposit. Maka, setiap setahun sekali bisa dilakukan pengecekan kondisi mata sensor nya, agar akurasinya tetap lebih bagus. Hal ini berlaku buat varian bebek dan skutik Honda terbaru.
sumber : wikipedia
: ototrend
: honda
: motorplus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar